Minggu, Juli 06, 2008

Biodata Pernikahan

Sahabat, terimakasih atas perhatian kalian selama ini. Semula, blog ini saya buat hanya untuk satu orang saja. yah, berkomunikasi tidak langsung dengan seseorang, dengan siapa? ah.. kalian tahu lah. saya tidak menyangka kalian juga ikut melihat blog ini, walau tidak menulis komentar pada tiap tulisan, saya cukup senang dengan berbagai email yang kalian kirimkan, terimakasih. yah, saya memang berencana akan menikah. ini saya buat semata-mata mencurahkan apa yang ada di hati, saya harap dia tahu apa yang ada di hati saya, karena saya belum bisa menghubunginya baik via email ataupun telepon (mungkin kerena saya belum dapat aja, atau mungkin alasan lain).

saya mohon maaf lagi, mengenai nama panggilan yang pernah saya tulis, bisa salah, bisa juga benar. saya belum bisa sampaikan banyak hal tentang dia disini, karena aturannya memang seperti ini, ini masih bersifat rahasia. tapi saya sangat berterimakasih karena kalian telah bertanya.

mengenai tulisan-tulisan saya itu... itu terjadi bgitu saja. saya juga ga tahu kok bisa begitu, kadang saya juga tidak yakin kalo saya yang menulis itu. asal kalian tahu, tulisan ini terinsfirasi banyak dari bung Thufail al Ghifari (tentunya juga karena 'dia'). saya bukan penulis jenius seperti yang kalian katakan, masih banyak dari tulisan saya itu yang perlu dikritisi. jadi, kalianpun bisa menulis lebih baik lagi kok, asal suasana hati memang memungkinkan untuk menulis, dan tetap FOKUS. makanya saya ga bisa sering nulis karena lagi banyak pikiran.. hihihi.

Seperti yang kalian mainta, saya akan membuat contoh biodata pernikahan seperti yang saya ajukan kepada 'dia' kepada kalian. tapi, lagi-lagi saya minta maaf, saya hanya menyebutkan poin-poin saja. yang perlu kalian ketahui adalah, fungsi biodata ini adalah gambaran diri kalian agar orang yang tidak kenal dengan kalian ini (calon pasangan hidup) mengenal kalian, jadi usahakan dengan tulisan kalian, dia dapat mengenal kalian dengan dekat, makanya biodata ini harus kita jaga kerahasiaannya bila kita terima. bila biodata ini tidak dipakai lagi, segera musnahkan, bakar.


Nama
Jelaskan nama kalian, apakah ada gelar, panggilan, atau sejarah nama kalian atau apa saja ttg nama kalian.

Tempat dan tanggal lahir
aku menjelaskan tempat ku lahir, ku sebutkan kota dan semacamnya juga suku-suku yang ada disana. tentunya juga tanggal lahir dan umurku.

Suku
kadang ini penting juga. karena banyak orang yang sudah mengenal ku tidak tahu aku suku apa, tebakan mereka salah semua. jadi aku juga jelaskan ttg suku ku dalam biodata ini.

Alamat
aku tuliskan alamat lengkap, juga no.GSM maupun CDMA, alamat email, dan blog ini.

Pekerjaan
aku menjelaskan perkerjaanku, mulai dari tahun masuk, jabatan dan semacamnya. karena aku mempunya 2 pekerjaan, aku jelaskan saja apa adanya.

Penghasilan
ini mungkin sensitif, tapi aku tak peduli. aku nekat aja memberi tahu apa yang aku punya. aku sebutkan nominalnya, karena aku ingin dia tahu tentang aku dan ekonomiku.

Pendidikan
sebenarnya kita cukup menuliskan pendidikan terakhir saja, nama kampus, jurusan, tamatan kapan. tapi aku menuliskan pendidikan ku dari SD, SMP, STM, D3, hingga S1 (proses), baik itu tempatnya, alamatnya dan tahun kelulusannya.

Organisasi
seperti melamar pekerjaan, kita juga menuliskan organisasi apa saja yang kita ikuti. aku juga menuliskan seperti itu di sini. lengkap dengan tahun dan jabatan.

Orangtua
aku menjelaskan nama, alamat mereka, pekerjaan mereka dan umur mereka.

status dlm keluarga
misal, anak ke berapa dari berapa orang, atau anak tiri, anak angkat atau apa sajalah ttg status kalian di keluarga.

saudara
nam-nama saudaraku aku jelaskan, per nama. mulai jarak lahirnya dengan ku, pendidikannya, sifatnya... pokoknya ttng mereka.

Hoby
tulis aja apa adanya

Perilaku baik
ingat, ga boleh berlebihan. kalo aku, sebelum menulis biodata, aku ngobrol dulu dengan teman-temanku, yah dengan gaya intelejen tentunya. aku ajak aja teman2 ku ngobrol, sedikit2 aku sisipkan pertanyaan ttg penilaian dia ttg aku. agak ribet memang, tapi itu lah data. dan itu harus benar, ya kan?

Perilaku buruk
seperti diatas, aku juga bertanya ttng keburukanku.

Penyakit
ini harus di tulis. kita arus memberi tahu riwayat penyakit kita. kalo cuma sekedar panu sih, ga usah... (kebtulan ga punya). panyakit besar aja, kanker, rabies (barng kali).. hihihihi.... kalo ga ada, yaaa tulis aja ga ada penyakit parah yang pernah di derita, kecuali keseleo dan masuk angin.

Gambaran Fisik
Jelaskan saja ttg berat, tinggi, kulit, rambut dan yaaa ttg isik kita lah.

Tujuan Menikah
ga usah muluk2 man.... biasa aja lagih.

Kreteria Pasangan
ini juga jangan memasang standar tinggi (kita harus kaca diri). yang riel2 aja lah. misal: dia harus cantik (di mataku), humoris, suka senyum, perhatian, hitam manis, umurnya segini, pendidikannya minimal segini, islami ... yaaa yang begitu aja... ga usah sebutkan yang sholeh (ini susah di ukur, insya Allah yang menggunakan cara "biodata" ini pada sholeh kok), hihihi.. pokoknya yang riel2 aja lah.... karena pernikahan model gini insya Allah adalah orang2 pilihan.

Tentang diriku
aku menjelaskan kehidupan ayah dan ibuku waktu mereka kecil, dewasa, menikah, melahirkan aku, adik2ku, kemudian cerita masa lalu, sekolahku, kemudian perjalanan hidupku hingga membuat biodata ini ini yang panjang, sekita 3 halaman, ini semacam rangkuman perjalanan hidupku.


kalian tahu berapa halaman yang ku habiskan dalam pembuatan biodata ini? yah cuma 6 halaman kertas F4. tidak lupa aku juga menyisipkan foto.

sahabat, itulah yang aku tuliskan dalam biodata pernikahanku. aku tidak bisa memberitahu kalian kepada akhwat mana biodata itu dikirimkan dan bagaimana perasaannya ketika membaca biodata itu, insya Allah... kalo dia menjadi istriku, biar dia sendiri yang menjelaskan kepada kalian. semoga tulisan ini ada manfaatnya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

jazakumullah.